My ChemEng Ladies :)

Sebagai calon insinyur teknik kimia yang sedang belajar di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, bukan gak mungkin kalo gue bakal mengalami berbagai macam cobaan hidup. Sejak masuk jurusan ini 2 tahun lalu, udah gak terhitung berapa banyak gue nangis dan stres gara-gara tugas, ujian, lab, dan berbagai masalah pribadi yang bahkan gue sampe lupa detailnya. Tanpa teman-teman untuk saling berbagi, gue gak akan bisa survive di ITB ini. Karena itulah gue merasa pengen berterimakasih sama mereka melalui post ini.

So here they are, meet my dear ChemEng ladies 🙂

[This post will be written in Bahasa and English]

Sebagai calon insinyur teknik kimia yang sedang belajar di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, bukan gak mungkin kalo gue bakal mengalami berbagai macam cobaan hidup. Sejak masuk jurusan ini 2 tahun lalu, udah gak terhitung berapa banyak gue nangis dan stres gara-gara tugas, ujian, lab, dan berbagai masalah pribadi yang bahkan gue sampe lupa detailnya. Tanpa teman-teman untuk saling berbagi, gue gak akan bisa survive di ITB ini. Karena itulah gue merasa pengen berterimakasih sama mereka melalui post ini. Siapa tau bisa jadi kenang-kenangan juga kalo kita udah pada lulus dan mengejar mimpi masing-masing.

So here they are, meet my dear ChemEng ladies 🙂

*note: urutan penulisan tidak menunjukkan prioritas atau tingkat kedekatan, hehe

1. Elsa Yudhita Yusra

Elsa aka Elbong adalah lulusan SMA 8 Jakarta yang tadinya angkatan 2008 (aksel di SMP), tapi balik lagi jadi 2009 setelah exchange ke US setaun.  Elsa is a beautiful young woman, a high achiever, and generally salah satu yang paling kalem diantara cewek-cewek ini. She is… my ultimate professional partner hahahaha! Gue deket sama dia sejak sama-sama ikut (dan berbagi kasur serta makanan untuk berhemat) di Harvard National Model United Nations 2011, terus abis itu ngurusin segala hal tentang Ganesha Model United Nations Club. Dia ketua seleksi buat HNMUN 2012 dan gue ketua training, jadi kita bersimbiosis mutualisme. Gue sering banget nebeng mobil Elsa ataupun ke kosannya. Anaknya aktif dan berprestasi banget! AIESEC, Astra 1st, you name it lah. Makanya kalo ngomongin soal karir dan aktivitas mempercantik CV, Elbong paling oke diajak ngomong. Sekarang juga kita lagi sama-sama sibuk di lomba rancang pabrik se-Asia Tenggara, Regional Future Energy Challenge 2013. Doi jadi kadiv sponsorship dan gue kadiv humas. Sampe sekarang gue bingung kenapa cewek yang kepilih Vacation Trainee Schlumberger 2011 ini belom juga punya pacar. Masalah gue sama dia mirip sih…..mungkin cowok takut sama CV kite. Pede jaya haha!

2. Indy Cesara

Indy adalah cewek paling rempong yang pernah gue kenal. 😀 Lulusan SMA 1 Bogor ini sama-sama ngambil subjur Bioproses kayak gue. Gue kenal Indy sejak TPB sebagai temennya Puput, sobat gue di FTI-A. Indy is one of a kind. Awalnya mungkin lo ngerasa Indy suka ribut ato ceplas-ceplos, tapi justru itulah kekuatan dia. Indy adalah salah satu penghibur gue yang paling tokcer. Seneng aja rasanya goler-goleran di kosannya sambil nontonin dia berKorea. Indy sering banget maen ato nginep ke rumah gue, anaknya ramah dan banyak ngomong jadi gak sepi, dan nyokap gue udah hafal ama dia. Kadiv Infokom HIMATEK ini juga selalu jadi temen kelompok kalo ada tugas-tugas di kelas khusus subjur Bioproses. Paling pol sih waktu Lab DAS BP 2 minggu penuh kegilaan dan stres tingkat dewa yang bikin kita ilang nyawa. Oh iya, Indy juga paralel Labtek 2 gue, jadi kita ngelabtek bareng tapi beda kelompok gituu. 🙂

3. Monica Raphita Simarmata

Undoubtedly, Monce is my ultimate galau partner, my lady with the same hopes and desires! 🙂 Cewek Batak alumni SMA Santa Ursula Jakarta ini baiiik banget. Anaknya berhati lembut gitu, and by cosmic coincidence, she shares the same love history with me. Awalnya gue sama dia getol banget curhat pas kelas Teknologi Kemurgi (haha) and we found out kalo kisah cinta dan broken heart kita terlalu….mirip. Gue sama dia punya visi yang sama dalam pacaran, pernikahan, rencana masa depan untuk keluarga, dan hal-hal sentimental lainnya. Kita juga sama-sama punya daftar cowok yang datang dan pergi di kehidupan dengan meninggalkan berbagai kebahagiaan dan bekas luka. Dari yang beda agama, emang brengsek, ato sekedar pemberi harapan palsu. Wish kita gak macem-macem, we just want a man who loves us for who we are, forever and ever. Oh iya, Monce taun ini kepilih ikut HNMUN 2013 so she’s going to USA (again) soon. 🙂 Together with Elbong dan gue, doi juga lagi sibuk di RFEC 2013 jadi Kadiv Acara. Kita memproklamirkan diri sebagai geng kadiv galau. Hm yaya 😛

4. Denissa Pramesty

Denissa ato yang biasa kita panggil DangDenis adalah alumni SMA 78 Jakarta yang berkampung di Bengkulu. Dang anaknya rame kayak Indy, tapi gak se-toa Indy hehehe ;). Gue udah kenal dia sejak di FTI-A. It’s really fun to be around her, soalnya ga pernah keabisan bahan omongan. Dang juga salah satu ‘guru’nya anak-anak, terutama waktu Proses Pemisahan 1 aka Operasi Pemisahan Difusional (OPD 1) dimana kita berkali-kali rame-rame dateng ke kosannya buat belajar sampe jam 2 pagi cuma buat ngertiin diagram-diagram aneh. Sekretaris 1 HIMATEK ini juga suka menyuarakan kegalauan yang adalah, seringkali, kegalauan gue juga, di twitter. Kita sama-sama demen John Mayer. Dang pernah punya suatu kisah cinta yang rumit sama orang yang hm gitu deh hehehe. Pokoknya Dang anaknya asik deh dan pinter! Dulu waktu kerja kelompok OPD, gue sama dia bengong doang ngeliatin Jimmy ama David Bieber ngitung-ngitung, terus kita akhirnya muter video YouTube “Hello Kitty Tolong Aku”. Oke.

5. Priska Andini

Anak madrasah alumni SMA 1 Bekasi ini sobat gue sejak di FTI-A. Waktu TPB kita rajin banget bikin PR Kalkulus ato Fisika Dasar di Intel sama Ais (MRI 09), Puput (FT 09), dan (kadang-kadang) Indy. Sekarang kita kangen kerajinan dan semangat pantang menyerah jaman TPB yang entah kenapa menguap seperti terdistilasi di tekim. Priska adalah yang paling muda diantara kita (1993 bok!) tapi menurut gue dia sangat dewasa dan bertanggung jawab, mungkin efek jadi anak sulung dengan 4 adek. Priska anaknya gak neko-neko, baik, sering nolong, lovable deh pokoknya! Gue kalo pulang malem kadang suka crash in ke kosan Priska sebelum dijemput. Priska juga pinter, padahal tukang tidur di kelas dan dimana-mana hehehehe 😀 Kalo tidur lucu banget ekspresinya ga bohong! Manajer Acara dan Program di BP HIMATEK ini juga demen banget makan, makan macem-macem terutama Indomie. Tapi anehnya dia gak pernah gendut, jadi gue iri haha 😀

6. Rea Candra Oktaviara

Cewek manis super pinter yang mulai berkerudung sejak masuk tekim (tobat kayaknya hahahaha kidding :D) ini adalah alumni SMA 81 Jakarta. Gue udah kenal sejak di FTI-A juga. Rea menurut gue adalah anak paling kalem diantara kita semua. Kalo lagi bingung mau belajar kemana, gue suka dateng ke kosan Rea di Cisitu, misalnya waktu mau UTS 2 Sistem Utilitas. Tapi entah kenapa gue selalu ketiduran di kosan Rea hehe soalnya pewe :D. Rea adalah salah satu minoritas dalam hal kegalauan, soalnya doi udah punya cowok. Kata partner labtek 1 gue Jiang, “Rea lagi khilaf”, tapi ternyata kekhilafannya sekarang udah jalan 10 bulan sama Diego Einstein Murdani, hehehe :D. Kadiv Keprofesian HIMATEK ini berencana mau S2 program Erasmus Mundus, dan gue mengamini sepenuh hati. Personally buat gue, Rea adalah salah satu orang yang sangat concern sama pencapaian gue. Misalnya waktu gue kepilih jadi Mahasiswa Berprestasi, doi ngesms panjang dan personal dan itu bikin gue terharu :’) Rea juga cenderung introvert (baca: ga ngetweet aneh-aneh haha) tapi sekalinya ngetweet bisa error juga sih, terutama kalo menyangkut Diego. 😉

7. Dwi Sasetyaningtyas

Tyas is our sweet bumblebee. Anaknya social banget, asik, rame, super ceria, dan hampir gak pernah melankolis kayak gue atau Monce. Arek Suroboyo alumni SMA 5 Surabaya ini punya pergaulan yang luas banget. Aktif di ISO (pernah jadi ketua konser ISO bahkan), exchange ke Poland, suka banget sama kesenian dan kebudayaan. Jago main biola dan di tengah-tengah ke-hectic-an tingkat 3 masih sempet les tari Bali. Gue kadang suka bingung gimana dia bagi waktu, soalnya anaknya kadang random banget bisa tiba-tiba udah jalan-jalan ke Garut dan malemnya ikut pelantikan PPAB. Because of her bubbly personality, Tyas gak pernah sepi dari dideketin cowok. In terms of life, gue merasa punya kehidupan yang berkebalikan dari Tyas. Menurut gue Tyas is outgoing dan impulsif, sedangkan gue anaknya penuh perhitungan dan perencanaan banget hehehe. Tapi it makes her life happy. Tyas juga all out kalo udah menyangkut hal yang jadi passion dia. I really adore her free spirit. Oh iya hari ini, 9 September 2012, Tyas lagi ulang tahun ke-20. Happy birthday dan semoga langgeng sama pacar baru ya Tyyy! 😀

8. Nabilla Tamimi Yacob

Bibil adalah “Ibu Pejabat” kita yang paling pejabat style hahah. Alumni SMA Insan Cendekia ini anaknya unik dan sosialita banget menurut gue. Cara ngomongnya, cara jalannya, cara megang tas dan BBnya adalah ciri khas Bibil yang gak pernah gue temuin di orang lain. 😀 Gue suka banget sense of fashionnya Bibil yang menurut gue up to date tapi gak berlebihan. Selain Elbong, anak-anak juga suka nebeng mobil Bibil kalo abis belajar bareng. Kadang pas udah lewat tengah malem, lagi rame-rame di mobil, gue suka mikir betapa strongnya temen2 gue ini. Cewek kelayapan tengah malem buat belajar, dimana lagi gue bakal nemu kalo gak di ITB? 😛 Bibil suka banget ke cafe buat nyobain makanan baru atau sekadar ngebandingin mana cupcakes yang lebih enak. Anak APRES! ini juga punya pergaulan luas kayak Tyas dan jarang galau. Sama kayak Elbong, gue juga bingung kenapa Bibil belom punya cowok, padahal doi menurut gue salah satu yang paling cantik di Tekim. 😉

9. Ria Ayu Pramudita

Mbadit mungkin bukan termasuk kelompok 8 cewek di atas, tapi gue gak bisa gak masukin dia di list ini soalnya gue juga deket sama dia hahaha :D. Alumni SMA 3 Malang yang merupakan partner penelitian gue ini punya a complex personality menurut gue. She has an angel heart that can sometimes be too good. Terkadang she’s willing to sacrifice her own happiness or purpose for the sake of other people’s. Mbadit aslinya anak 2008 tapi pernah exchange ke Jepang 1 tahun waktu SMA. Mbadit sangaaatt passionate sama Community Development aka Pengabdian Masyarakat. Kadiv PM HIMATEK ini lagi getol-getolnya ngembangin Kecimpring (proyek PM HIMATEK) di Ciparay. Mbadit punya visi yang sangat berkebalikan sama gue. Gue mindsetnya korporat, pengen ngejer karir setinggi mungkin bahkan kalo bisa sampe jadi CEO, dan butuh kepastian finansial yang jelas. Mbadit on the other hand pengen banget ngejer pendidikan setinggi mungkin dan jadi dosen atau peneliti (seperti teladannya, Bu Penia :)). Kesamaan kita adalah pengen jadi istri dan ibu yang baik, makanya kita pengen ketemu sama cowok yang mau diajak serius :). Generally it’s not too hard to mingle with her, but to understand her is a different story. All in all, she’s a really good and sholehah friend to me, hehehe 😀

———————————————————————————————————————————————-

So that’s it, all the ladies that have accompanied me in the ups and downs of my life in Chemical Engineering. Kami (insya Allah) tinggal punya 1 tahun lagi untuk hidup bersama-sama di bawah atap labtek biru Institut Teknologi Bandung. Pas Kerja Praktek, gue ngerasaaaaa banget betapa gue akan sangat kangen sama cewek-cewek ini saat gue meninggalkan kehidupan kampus dan mulai mengalami dunia nyata. Gue harap setelah lulus kita bakal tetep menjaga silaturahmi, entah itu dengan cara arisan rutin (kayak yang dipropose Monce di suatu sesi curhat Kemurgi sama gue, hehe) atau hal-hal lainnya. Siapa tau ntar kita pada jadi ibu-ibu kaya yang bikin TK09 Foundation buat ngebantu anak-anak kekurangan, siapa tau? Soon gue akan ngalamin diundang ke pernikahan kalian (amin), ngeliat kalian soar high di jalan hidup masing-masing, dan ngalamin quarter life crisis ataupun mid life crisis bersama-sama.

Dan pada saat-saat itu, gue akan tersenyum mengenang segala kenangan yang udah kita buat bareng di jurusan yang tampak seperti neraka tapi sebenernya udah ngajarin kita banyak banget hal ini.

I love you, my ChemEng ladies. 🙂

Author: mfaradina

An Indonesian. A reliable realist outside yet a romantic dreamer at heart.

Leave a Reply

